Keindahan Alam Soroako

Desa Soroako di Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan tidak hanya terkenal sebagai daerah penghasil terbesar nikel. Desa ini juga memiliki Danau Matano yang memiliki kedalaman kurang lebih 600 meter.

Soroako adalah nama sebuah desa di Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan. Meski letaknya cukup terpencil atau sekitar 10 jam dari Makassar, desa ini sangat terkenal dan memiliki infrastruktur yang cukup lengkap. Ini tak lepas dari kehadiran sebuah perusahaan pertambangan nikel nikel milik PT International Nickel Indonesia (Inco). Maklum, Soroako adalah salah satu daerah penghasil nikel terbesar dunia.

Ketenaran Soroako ternyata bukan karena hasil tambangnya. Daerah ini banyak dikunjungi orang lantaran keindahan panorama alamnya mulai dari pegunungan, laut, air terjun, serta danau. Ada tiga danau besar di daerah ini yang terkenal keindahannya, yakni Danau Mahalona, Matano, dan Towuti. Danau Matano merupakan danau ketiga terdalam di Indonesia dan ke delapan di dunia. Kedalaman danau ini mencapai kurang lebih 600 meter.

Matano adalah danau tektonik yang terbentuk sekitar empat juta tahun silam. Danau ini terbentuk dari patahan lempengan bumi yang kemudian terisi air. Tim Melancong Yuk yang menyusuri danau menemukan sebuah goa di sela-sela tebing pinggiran danau. Jika air sedang surut, Anda bisa memasuki goa untuk menyaksikan dinding stalagtit dan stalagnit.

Keistimewaan lain danau ini adalah kejernihan airnya. Anda masih bisa melihat sebuah benda yang berada di kedalaman 23 meter. Lantaran airnya yang jernih dan bersih serta ombaknya yang tenang, Danau Matano sering digunakan untuk kegiatan olah raga atau rekreasi air.

Di tepian Danau Matano berdiri berbagai tempat rekreasi. Uniknya, tempat itu diberi sebutan pantai. Ada Pantai Ide, Salonsa, dan Kupu-Kupu. Di pantai Ide terdapat sebuah dermaga panjang. Dermaga ini sering digunakan warga setempat untuk bersantai di akhir pekan.

Setelah puas mengelilingi danau, Anda bisa mengunjungi Desa Matano. Desa ini bisa ditempuh sekitar 20 menit dari Danau Matano bila menggunakan speed boat. Di desa ini ada sebuah kolam mata air yang cukup unik. Namanya mata air Matano.

Panorama alam lainnya yang bisa dinikmati di Soroako adalah keindahan air terjun Meruruno di Desa Ledu-Ledu. Air terjun ini memiliki 20 tingkatan. Tapi yang paling banyak digemari wisatawan adalah air terjun di tingkatan 16 karena curahan airnya sangat deras. Di bawah air terjun terbentang kolam pemandian yang masih alami.

Soroako juga terkenal dengan minuman khasnya terbuat dari buah Dengen. Meski rasanya asam, buah yang sepintas mirip jeruk ini kaya dengan vitamin C.

Disadur dari: http://www.liputan6.com

About these ads

~ oleh abumochas pada April 18, 2008.

26 Tanggapan to “Keindahan Alam Soroako”

  1. emang soroako itu desa yakz?

  2. Sorowako……….
    hmmm….. g bisa komentar deh dengan ni kampoang tercinta
    dan sangat sensitiv jika dengar kata Sorowako.

    I Love Sorowako

  3. YUpzz..SOROWAKO memeng is the best lah…(^_^)
    Btw,klo punya data ttg Sorowako,share ya saolnya aq skg lg nyusun skripsi ttg Sorowako…Thanks…

  4. ,,,,,,,,,,,,,,

  5. bagiku sorowako bukan hanya memiliki banyak kelebihan tapi sorowako menyimpan sejuta kenangan bagiku tak tak mungkn terlupakan,,,walaupn aku bukan orang asli sn tapi aku sudh pernh hidup n merasakan bagaimana keadaan disana,melalui situs ini aku bisa mencurahkan kerinduanku pada sorwk,entah kapan aku bisa bertm dengn kota sorwk,aku kini berada jauuuuuuuh sekali,,,begitupn dgn segala suka dukaku,,, Good luck for Sorowako city,,,I’m all Remember every moment with my friendship in sorowako,,,salm dariku buat saudrQ dijl pongkiak n Wendoniha,

  6. Soroako….

    Kangen uy.. tempat kelahiran q… walau aq orang sunda tulen,

    tpi di sanalah aq lahir…

    Kangen pengen ke sana lagi

  7. Thanks…….artikelnya betul sekali. Sorowako is a very beautiful village

  8. soroako is the best!

  9. RANCAK JO KAMPUANG DEN LIH MOADAX

  10. [...] Keindahan Alam Soroako [...]

  11. Salam untuk semua warga SOROAKO ku

    Joel Ramon
    08176563194

  12. kenangan terindah yang pernah terukir..

  13. egalliv llufutae a si okwaoros

  14. comment ana ga usah di posting…
    syukron…

  15. aku banyak punya temen2 wktu smp dsna, n sedih baget wktu ninggalin mereka, ninggalin semua tentang sorwako, terutama danau matanonya…
    suatu saat aku kan blik ksan lgi…

  16. kangen….kangen….kangen…..!!

    hanya itu yg bisa aku katakan :D

    http://mig33soroako.forumotions.com/forum.htm

  17. sayang, keindahannya nggak didukung ama foto.

  18. 3m indah buangedt…………….!

  19. Sorowako.. Tempat paling indah.. Kangen Sorowako.. Pengen kesana lagi.. Maret 2010.. Sorowako.. I’m coming..

  20. @Syufee : Minta donk skripsinya ttg Sorowako.. Pasti asik ya nyusun skripsi ttg Sorowako?? Klo blh kirim ke lieyus_gondronk@yahoo.com.. Thx y..

  21. I love soroawako :)

    http://mig33soroako.forumotion.org/

  22. i love soroako

  23. hi,, saya dl pernah tinggal di Soroako karena alm. papah kerja di PT. INCO,, dah lm banget ninggalin Soroako n skrg pengen rasanya bernostalgia kesana lagi cuma saya bingung gmn caranya u/ sampe ke Soroako dr Makasar karena dl khan pake pesawat terbang KBD,, bisa tolong advice?

  24. coba kalo banyak gambarnya pasti akan lebih mantab…

  25. @ochy : Klo dari Makassar bisa naik bus.. Namanya Liman, atau Litha yg ada di Jln. Urip Sumoharjo – Makassar, atau Bintang Timur di depan Ramayana.. Tarifnya berkisar 120-150rb sampai di Soroako..
    Sy aja kangen dgn Soroako. Dan rencana bulan April 2011 ini ingin kesana..

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: